Perbedaan Penyakit Kista Dengan Miom


TASIKMALAYA, OBATPENYAKITMIOM.COM - Kista dan miom bagi sebagian orang, sering menganggap sama. Padahal, 2 penyakit tumor jinak  yang bersarang di organ kewanitaan ini sangat berbeda dan bertolak belakang sekali.

Walaupun dalam hal penyerangan sama, sama-sama menyerang organ reproduksi wanita, tetapi kista dan miom memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Menurut Dr. Chepi Teguh Pramayadi, SpOG dari RSIA Evasari, memang banyak yang masih bingung dan bertanya-tanya akan hal ini. Padahal, begitu banyak prinsip-prinsip yang berlainan termasuk dari posisi, bentuk, hingga keluhan.

Perbedaan Kista dengan Miom

  • Kista itu tumor yang berisi cairan. Kista memiliki beberapa jenis, misalnya kista endometriosis yang isinya cairan kecokelatan, kista dermoid yang terdiri dari jaringan-jaringan tubuh, ada juga kista simplex yang isinya hanya berupa cairan bening.
  • Sedangkan Miom adalah tumor jinak yang terdiri dari serabut-serabut otot polos myometrium. Jadi ada pertumbuhan sel-sel otot di dalam rahim yang tidak normal. Miom berbentuk seperti kumparan, lama-lama berputar hingga menyerupai bola.

Perbedaan Kista dengan Miom dari Segi Tempat

  • Kista terletak di indung telur, bisa di bagian kiri, kanan atau keduanya juga sering terjadi.
  • Sementara Miom itu posisinya di rahim. Miom ada di tengah alat kelamin wanita atau istilah medisnya adalah di uterus. Miom bisa berada di permukaan rahim, di tengah rahim, atau di dalam rahim.
Kista dapat dideteksi dari rasa nyeri haid hari pertama dan kedua, serta adanya rasa nyeri saat berhubungan seksual. Bahkan pada beberapa kasus, kista juga menyebabkan rasa nyeri di luar siklus haid.

Keluhan Miom yang lebih dominan justru terlihat pada siklus. Adanya siklus haid tidak teratur, jumlah hari haid yang lebih panjang, atau jumlah darah haid yang berada di atas batas normal dalam satu siklus.

Perempuan normalnya, mengganti pembalut rata-rata 3-4x dalam sehari. Ketika mengganti pembalut sampai 5x atau lebih, berarti jumlah darahnya lebih banyak dari batas umumnya. Jumlah darah yang melebihi batas umum diperkirakan disebabkan oleh adanya Miom di dalam rahim.

Artikel menarik lainnya : Awas, Celana Ketat Berbahaya Bagi Organ Kewanitaan

0 Response to "Perbedaan Penyakit Kista Dengan Miom"

Poskan Komentar