Awas, Celana Ketat Berbahaya Bagi Organ Kewanitaan

Obatpenyakitmiom.com - Mengenakan celana ketat ternyata berisiko buruk bagi kesehatan reproduksi perempuan. Selain sirkulasi udara terbatas dan menyebabkan kelembaban, celana ketat rentan melukai organ intim perempuan.

Luka di organ intim atau kelamin perempuan tersebut tidak bisa dianggap remeh. Jika timbul luka, alat kelamin perempuan rentan terjadi infeksi dan dihinggapi virus yang dikenal dengan nama Human Papollomavirus atau disingkat menjadi HPV. Bahkan hal ini bisa memicu kanker serviks.

Menurut Dr. Danny Wiguna yang ditemui seusai mengisi acara Talk Show kesehatan di Yogyakarta, "Ada 30 tipe HPV yang menginfeksi daerah alat kelamin yang cukup berbahaya bahkan menyebabkan kematian. 4 tipe yang biasa ditemukan yakni tipe 16, 18 yang menyebabkan 70% kanker serviks dan tipe 6, 11 biasa 90% menyebabkan kutil kelamin pada perempuan".

Beliau menegaskan kembali bahwa kanker serviks yang cukup membahayakan kesehatan kelamin kaum perempuan, bukan disebabkan langsung dari celana ketat. Menurutnya, celana ketat yang sedang digemari orang-orang masa kini sebenarnya tidak sehat bagi kelamin perempuan.

Celana ketat akan membuat daerah kewanitaan lembab dan saking ketatnya rentan melukai mulut vagina. Menurutnya, luka di mulut vagina ini yang akhirnya bisa mengundang munculnya virus HPV biang keladi dari kanker serviks itu.

Infeksi HPV paling rentan dialami pada usia muda yaitu mulai dari usia 14 tahun. Dibutuhkan waktu lebih dari 10 tahun untuk bisa mendeteksi kanker di organ intim perempuan. Semakin sering terjadi luka pada alat kelamin, makin rentan seseorang terkena kanker rahim.

Dr. Danny menjelaskan jenis kanker berbahaya dan menjadi penyebab kematian kedua perempuan di negara berkembang. Perempuan Indonesia paling rentan terkena kanker serviks dibanding dengan beberapa negara lain seperti Filipina, Vietnam, Thailand, Myanmar, Kamboja, Malaysia, Singapura, Laos dan Brunei Darussallam. Contohnya saja artis di Indonesia yang pernah mengalami Kanker serviks ialah Julia Perez. Selain itu, Indonesia terdeteksi 13,762 untuk kategori new cases dan 7,493 untuk kategori deaths.

Salah satu cara paling efektif bagi perempuan supaya dapat terhindar dari penyakit Kanker Serviks adalah menjaga kesehatan tubuh termasuk memperhatikan cara berpakaian. Selain itu, Dokter menganjurkan perempuan yang sudah masuk masa menstruasi, harus rajin memeriksa kesehatan dengan screening secara rutin ke pihak medis untuk mendeteksi dini infeksi.

Penting juga nih sis untuk dibaca : 8 Makanan Penting Untuk Kesehatan Vagina

0 Response to "Awas, Celana Ketat Berbahaya Bagi Organ Kewanitaan"

Poskan Komentar